Cara mengetahui nilai Resistor

   Setelah kita mengenal apa itu Resistor dalam dunia elektronik, yang telah saya posting pada postingan terdahulu yakni Apa dan Bagaimana Resistor Itu, mari kali ini kita memperdalamnya, dan mengerti Cara Mengetahui/Membaca Nilai Resistor.
    Seperti kita ketahui bersama nilai resistor sering disebut juga nilai resistansi dan dinyatakan dalam satuan Ohm (Ω). Kata Ohm diambil/berasal dari sebuah nama seorang ahli fisika yakni George Ohm, Ia seorang yang berkebangsaan Jerman, dan dia jugalah penemu Resistor yang kita bahas ini. Nah itulah seklumit sejarah resistor, lalu bagaimana cara mengetahui nilai resistansi sebuah resistor?

Cara mengetahui nilai Resistor

Untuk mengetahui nilai sebuah Resistor, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan yakni:
1. Membaca gelang warna pada body Resistor
2. Membaca kode angka pada body Resistor (umumnya pada resistor SMD)
3. Mengukur nilainya dengan menggunakan Ohmmeter/multitester ataupun multimeter
Pada kesempatan kali ini saya coba menguraikan yang pertama dulu yakni: membaca gelang warna Resistor

* Membaca gelang warna pada body resistor

Pada umumnya resistor yang ada dipasaran mempunyai 4 gelang warna dan 5 gelang warna, untuk mempermudah membacanya, coba lihat tabel gelang warna Resistor dibawah ini:

Tabel Nilai Resistor
Mari kita pelajari Resistor yang mempunyai 4 gelang warna dulu:

Sebelum mulai membaca tentunya kita wajib tahu, gelang warna manakah yang merupakan gelang warna kesatu/pertama, kedua, ketiga dan seterusnya? sebagai acuan mudah kita bersama, biasanya gelang ke-4 atau terakhir itu berwarna emas atau kalau tidak perak.
Contoh gelang Resistor
Keterangan gambar:
gel.1 adalah gelang ke-1 berwarna merah
gel.2 adalah gelang ke-2 berwarna hitam
gel.3 adalah gelang ke-3 berwarna merah
gel.4 adalah gelang ke-4 berwarna emas
Dari gambar Resistor dapat kita ketahui nilai resistansinya yakni merah : 2, hitam : 0, merah : 00 dan emas : 5%, jadi nilai resistansi Resistor diatas adalah : 2000 Ω dan 5% toleransinya atau 2 KΩ biasa disingkat menjadi 2 K. Kenapa demikian? lihat tabel warna diatas, karena
gelang ke-1 itu menunjukan angka digit pertama
gelang ke-2 menunjukan angka digit kedua
gelang ke-3 menujukan jumlah nol
gelang ke-4 menujukan nilai toleransinya.
Contoh lagi misalkan Anda menjumpai sebuah resistor dengan gelang warna merah, merah, coklat dan emas berarti : 220Ω dan toleransi 5%.
Lanjut ke Resistor dengan 5 gelang warna:
Kebanyakan Resistor dengan 5 gelang warna terbuat dari bahan metal film, untuk mengetahui atau menentukan urutan gelangnya sama persis seperti Resistor dengan 4 gelang warna. Perbedaan keduanya tidak terlalu signifikan, berikut urutannya
gelang ke-1 menunjukan anka ke-1
gelang ke-2 menunjukan angka ke-2
gelang ke-3 menunjukan angka ke-3
gelang ke-4 menunjukan banyaknya nol / faktor perkalian
gelang ke-5 menunjukan nilai toleransi
Contoh: apabila anda menjumpai sebuah Resistor dengan warna : Merah, Coklat, Merah, Oranye dan Emas maka nilai resistansinya 212000 Ω dan 5% toleransinya, atau 212KΩ toleransi 5%. Semoga tulisanku ini bisa dipahami dan bermanfaat untuk Sobat semua.

0 komentar:

Copyright © 2012 Mampir Ngombe.