Sambungan Kabel

     Dalam teknik instalasi penerangan atau tenaga pada pemasangan kabel saluran sering kali kita membutuhkan pencabangan atau pemanjangan saluran. Guna memenuhi keperluan pencabangan dan pemanjangan saluran (kabel) maka diperlukan sistem penyambungan atau pencabangan kabel.
      Ada beberapa jenis sambungan kabel yang sering digunakan pada sistem intalasi listrik, antara lain jenis sambungan ekor babi (pig tile), sambungan puntir, sambungan bolak-balik (turn back), sambungan cabang datar, dan sambungan simpul. Perhatikan gambar beberapa sambungan kabel tersebut sebagai berikut:

Sambungan Mata Itik

Sambungan mata itik adalah sambungan yang di gunakan untuk menghubungkan kawat penghantar dengan komponen-komponen lain misalnya pada fitting. Pembuatan mata sambungan ini dilakukan dengan menggunakan tang pembulat.
Hal-hal yang harus diperhatikan untuk pembuatan sambungan mata itik adalah sebagai berikut :
1. Jangan membuat dengan arah kiri sebab bila skrup/baut dikencangkan, bulatan akan membuka sehingga sambungan mudah lepas.
2. Bulatan disesuaikan dengan baut/skrup agar penekanan baut dapat merata dan sambungan menjadi sempurna.

Sambungan Ekor Babi

Sambungan seperti ini merupakan teknik penyambungan yang paling sederhana dan mudah dikerjakan. Sambungan seperti ini biasanya dilakukan pada penyambungan langsung yang dilakukan pada kontak sambungan dan hasil sambungannya diisolasi dengan lasdop. Cara penyambungan ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Pada sambungan ekor babi, kedua ujung kabel yang telah dikupas kulitnya disambungkan dijadikan satu, kemudian diputar dengan tang kombinasi sampai kuat dan ujungnya ditutup dengan menggunakan lasdop. 

Sambungan Puntir

   Pada umumnya dilakukan untuk menyambung dua buah kabel yang akan direntang. Adakalanya dalam pekerjaan instalasi listrik terpaksa menyambung kabel dengan cara direntang karena adanya pertimbangan tertentu seperti untuk penghematan bahan atau adanya isolasi kabel yang cacat. 
Cara penyambungannya adalah seperti pada gambar dibawah ini: 

 Untuk mendapatkan hasil puntiran yang baik, sebaiknya digunakan tang kombinasi agar hasilnya kuat dan tidak longgar. 

Sambungan Bolak-balik 

Tujuan sambungan bolak-balik pada dasarnya sama dengan penyambungan puntir yaitu untuk menghubungkan 2 kabel yang akan direntang. cara penyambungan ini akan menghasilkan sambungan yang lebih kuat terhadap gaya rentang dan tarikan. 
Untuk kabel yang ukuran lebih besar dilakukan dengan carasambungan bolak balik “Britannia“ atau dengan model sambungan “Scarf“.Bentuk sambungan ditunjukkan seperti gambar dibawah ini: 
a. Bentuk sambungan bolak balik.
b. Bentuk sambungan Britannia. 
c. Bentuk sambungan Scarf. 


Cara penyambungannya dapat dilakukan seperti pada gambar dibawah ini: 

Sambungan Bercabang

 Dalam jaringan listrik sering kita temukan dalam penghantar yang panjang, selain sambungan lurus juga ditemukan sambungan cabang. Sambungan ini dilakukan dengan maksud untuk mengambil jalan pintas agar menghemat penggunaan kabel dan praktis dalam pengerjaannya. Sambungan ini dapat dilakukan tanpa harus memutus kabel utamanya, melainkan hanya dikupas kabelnya sepanjang kebutuhan. Bentuk pencabangan datar ini bisa untuk cabang tunggal (Single Plain joint) atau bisa juga dalam bentuk cabang ganda (Cross Plain Joint). 


Cara mengerjakan penyambungan percabangan ini dapat dilakukan seperti pada gambar dibawah ini: 

PERISTILAHAN / GLOSARIUM
Pig Tail ialah cara menyambung kabel yang paling sederhana berbentuk ekor babi. Sambungan ini digunakan untuk menyambung atau mencabangkan satu atau beberapa kabel pada satu titik.
Lasdop ialah penutup untuk melindungi sebuah sambungan kabel. Isolasi ialah pembungkus kabel agar kabel terhindar dari hubungan dengan penghantar arus listrik yang lain.
Sambungan Puntir adalah cara menyambung antara dua kabel yang berbentuk satu garis lurus. Ada dua macam cara sambungan puntir yaitu; sambungaan puntir Bell hangers dan sambungan puntir Western union.
Turn Back ialah cara menyambung antara dua kabel yang berbentuk satu garis lurus, dimana kabel ditekuk balik, dimaksudkan untuk mendapatkan sambungan yang lebih kuat terhadap rentangan maupun tarikan, sehingga sering disebut sebagai sambungan bolak-balik.
Single Wrapped Cable Spice ialah suatu cara menyambung kabel yang bernadi banyak, yaitu dengan menganyam sesuai dengan arah alurnya.
Plain joint ialah cara-cara untuk mencabang kabel yang posisinya dalam satu bidang datar.
Knotted tap joint ialah cara-cara untuk mencabang kabel yang posisinya dalam satu bidang datar dengan memberi suatu simpul agar sambungan lebih kuat.


2 komentar:

  1. assalamu'alaikum
    infonya bagus sekali, cuma buat koreksi mungkin ada yang lupa di awal itu maksudnya mungkin pig tail, bukan pig tile :) tapi keseluruhan nice post gan :)
    wassalamu'alaikum :)

    BalasHapus

Copyright © 2012 Mampir Ngombe.